My Way

a href="http://www.TickerFactory.com/">

Thursday, July 26, 2007

Kesehatan Pra Nikah

mau ngobrolin soal perkawinan nih...jadi mupeng nih..... kayaknya bulan2 ini and kedepan banyak yang akan melangsungkan pernikahan... oh ya buat Herna (temen koelku) yang akan melaksanakan weddingnya on 4 august.. congratulation ya .....


topiknya sih lebih ke " Kesehatan Pra Nikah " nih, kayaknya ini penting .. meskipun terkadang masih banyak yang meng-underestimatekan hal ini.. ini penting untuk kedpannya lho.. coz bisa mendeteksi apakah kita/pasangan kita mengidap penyakit yang mungkin bisa membahayakan diri sendiri/ baby yang akan dikandungnya. Torch ini emang mengenai ibu tapi efeknya akan terjadi pada bayinya.. lho.. kan kasian banget si baby yang kena effectnya..aduh jangan sampai deh...

Apalagi bagi perempuan yang sering terkena kontak dengan kucing.. (ak dong.. hehhehe..) kemarin waktu ngobrol sama cowoker Ms Li Chun Yan.. kl di china jaman dulu (jaman dia nikah) yang namanya pengecekan Kesehatan Pra Nikah itu wajib hukumnya... kalo sekarang terserah yang bersangkutan.... kl di Indonesia kayaknya justru sekarang-sekarang ini deh, sudah banyak yang melakukan pengechekan Kesehatan Pra Nikah, kl dulu.. boro-boro... nikah ya nikah aj.


Dengan pengecekan Kesehatan Pra Nikah akan mengurangi tingkat kelahiran cacat. Yang wellknown untuk pengecekan pra nikah adalah tes TORCH (TOxoplasma, virus Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan virus Herpes.) Sekarang ini banyak rumah sakit yang menyediakan jasa ini, bahkan klinik juga. kl di gresik sih bisa dilakuin di RS Semen Gresik dengan biaya 900rb.. lumayan sih tapi kan untuk kesehatan kita juga jadi worth it lah. kelainan yang disebabkan oleh TORCH antara lain kerusakan mata (radang mata), kerusakan telinga (tuli),kerusakan jantung ,gangguan pertumbuhan,gangguan saraf pusat,kerusakan otak (radang otak),keterbelakangan mental,pembesaran hati dan limpa.


Gejala dari penyakit TORCH yang umum terjadi adalah suhu tubuh panas, sakit pada otot, flu, batuk disertai dengan bintik-bintik merah. Mengingat gejalanya yang tidak khas, banyak ibu hamil tidak menyadari jika dirinya tengah terserang infeksi TORCH(http://www.metrotv.com/)


Penyebab utama terjadinya toxoplasma biasanya ditularkan dari kucing atau anjing tetapi penyakit inijuga dapat menyerang hewan lain seperti babi, sapi, domba, dan hewan peliharaan lainnya, tapi utamanya sih pada kucing and anjing. Tetapi bukan hanya itu aja sih.. salah satu penyebab lainnya adalah kegemaran memakan makanan dari daging setengah matang atau sayuran lalapan yang terkontaminasi dengan agent penyebab penyakit toxoplasmosis.

Pencegahan Toxoplasma utamanya adalah menjaga kebersihan, mencucitangan setelah memegang daging mentah menghindari feces kucing pada waktu membersihkanhalaman atau berkebun. Memasak daging minimal pada suhu 66oC atau dibekukan pada suhu –20oC. Menjaga makanan agar tidak terkontaminasi dengan binatang rumah atau serangga.Wanita hamil trimester pertama sebaiknya diperiksa secara berkala akan kemungkinan infeksidengan toxoplasma gondii. Mengobatinya agar tidak terjadi abortus, lahir mati ataupun cacatbawaan (Dr Hewani MKes).
Jad
i kayaknya kl siapapun yang sedang hamil terutama masih masuk di trisemester pertama maka gak ada salahnya lah untuk memeriksakannya and bagi siapapun yang mau melangsungkan pernikahan...

semoga bermanfaat.


No comments: